Senin, 19 Maret 2012

Profil BRUNEI DARUSSALAM


A.Profil Negara
1. Bentuk Pemerintahan

      Bentuk Negara Brunei Darussalam :Kesultanan KonstitusionalBentuk Pemerintahan dan Sistem Pemerintahan Brunei Darussalam :
     Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan :Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal BolkiahMu’izzaddin Wadaulah, Sultan dan Yang Dipertuan Negara Brunei DarussalamSultan Hassanal Bolkiah merupakan Kepala Negara, Kepala Pemerintahan dan PemimpinKeagamaan sekaligus merangkap menteri pertahanan dan menteri keuangan. SultanBolkiah adalah keturunan ke-29 yang memerintah negeri tersebut dalam silsilah yang berumur 500 tahun.System pemerintahan monarki /kesultanan1. kekuasaan eksekutif sultan sekaligus perdana mentri hassanal bolkiah yang menjabat sejak 5 oktober 1967 .sultan adalah sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan .2. kekuasaan legislative bersifat unikamelar yaitu oleh majlis masyuarat megeri yang hanya bertindak sebagailembaga konsultatif sultan.3. kekuasaan yudikatif  berada pada supreme count .pimpinan dan para hakim diangkat sumpah oleh sultan untuk menjabat 3 tahunBrunei Darussalam menganut bentuk pemerintahan Kerajaan Mutlak (MonarchyAbsolut ) yang bersendikan kepada ajaran Islam menurut golongan Ahli SunnahWaljamaah dengan berdasarkan kepada keadilan, amanah, dan kebebasan.Monarki absolut adalah bentuk pemerintahan dalam suatu negara yang dikepalai olehseorang (raja, ratu, syah, atau kaisar) yang kekuasaan dan wewenangnya tidak terbatas.Perintah raja merupakan hukun dan undang-undang yang harus dipatuhi dan dilaksanakanoleh rakyatnya. Pada diri raja terdapat kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif yangmenyatu dalam ucapan dan perbuatannya. Contoh: Perancis semasa Louis XIV dengansemboyannya yang terkenal L’etat C’est Moi.

Ibu Kota : BANDAR SRI BEGAWAN
Lagu Kebangsaan: Pujian untuk Sulthan
Mata Uang Dollar Brunei

 B. Bentang Alam


1.     Letak astronomis :
4 LU - 5 LU, 114 BT - 115,5 BT

Letak geografis :
Utara : Laut Cina Selatan
Selatan : Malaysia
Barat : Malaysia
Timur : Malaysia

2.     Luas: 5765 KM2


3.      Iklim: 
Cuaca di Negara Brunei Darussalam ialah tropikal atau ekuatorial yangbercirikan suhu tinggi, lembap dan memperolehi hujan di sepanjang tahun. Tidak ada kejadian musim yang ganjil berlaku tetapi iklimnya ditentukan oleh dua angin monsun yang terhasil oleh takungan tekanan rendah yang digelar Zon Pertemuan Inter-Tropikal, dan angin-angin ketimuran. Monsun timur laut yang bertiup dari November hingga Mac dan Monsun barat daya dari April hingga Oktober.

Purata suhu udara adalah 28°C dengan bulan-bulan November hingga Januari akan menjadi lebih sejuk sedikit. Purata penurunan hujan ialah2,800mm setiap tahun. Relatif kelembapan pula adalah tinggi di sepanjang tahun, berpurata 93%. Selama ini tidak ada pernah berlaku taufan, gempa bumi, atau kejadian banjir yang sangat teruk di negara ini.

C.SUMBER DAYA ALAM
 1. Tanah: Vulkanik
2. Flora- Fauna:
Negara ini sebagian besar tertutup oleh mangrove dan rawa gambut, kesehatan, vegetasi pegunungan, dan hutan family dipterocarpaceae.. hutan hujan dan rawa yang di huni oleh sejumlah besar mamalia kecil, burung tropis, reptile, dan amfibi. Mamalia mencakup kerbau liar dan peliharaan, beruang madu, rusa, dan monyet. Serangga yg berlimpah dan kadang-kadang berbahaya, khususnya nyamuk malaria dan nyamuk mengingit

Fauna
Brunei adalah contoh yg bersinar di antara Negara-negara Asia Tenggara untuk melindungi satwa langka tersebut. Makhluk langka seperti gajah asia, orang utan, macam tutul dan monyet proboscis memiliki sedikit rasa takut di hutan, dengan pemburu tergoyahkan oleh hukuman yg kaku yg di terapkan oleh pemerintah.
     Bakau, rumah untuk array yg luas dari udang, kepiting, kingfishers, monyet dab serangga, juga baik dilindunggi oleh pemerintah. Rawa bakau Brunei menjadi persinggahan migrasi penting bagi ratusan jenis burung musim dingin masing-masing. Sepanjang pantai, sekitar 500 jenis ikan dan 12 jenis udang telah didentifikasi. 33 pulau tdk berpenghuni adalah penyu dan monyet

PerairanLaut merupakan sumber daya alam yang penting. Dari laut dapat diperoleh manfaat berikut ini.
- Sebagai sumber bahan pangan berupa ikan dan hasil laut lainnya.
- Sebagai jalur transportasi air.
- Sebagai objek wisata.
- Dari dasar laut sering ditemukan bahan tambang seperti minyak dan gas bumi.

Hasil Tambang
Minyak Bumi dan Gas Alam

D.KEADAAN PENDUDUK
     Penduduk Brunei berjumlah 370.100 jiwa (2005). Sekitar 66 % penduduk Brunei adalah etnis Melayu. Etnis Cina berjumlah sekitar 15%. Etnis Cina memegang peranan penting dalam ekonomi Brunei. Suku asli Brunei berjumlah (6%) dan suku lainnya (7%). Bahasa Melayu adalah bahasa resmi. Bahasa Inggris banyak digunakan. Islam merupakan agama resmi negara, dan Sultan merupakan pemimpin agamanya. Agama lain yang dianut adalah agama Buddha (terutama oleh orang Cina) dan Kristen.

E.MATA PENCARIAN
    PETANI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar