Jumat, 20 April 2012

Cara Mudah Backup Seluruh Aplikasi yang Di Install di Ponsel Android


appbackup-thumbBerikut adalah cara backup seluruh aplikasi yang di instal di ponsel Android atau di tablet Android. Kenapa harus di backup? Sebenarnya jika memori internal di perangkat Android Anda cukup besar untuk menampung file instalasi aplikasi yang sedang Anda gunakan, Anda mungkin tidak memerlukan backup. Backup aplikasi Android yang telah di instal diperlukan jika Anda hendak me-root ponsel Android Anda, atau Anda ingin upgrade OS Android.
Setelah aplikasi di backup, Anda bisa dengan mudah mengembalikan aplikasi yang telah dibackup tersebut tanpa harus instalasi lagi. Cukup dengan melakukan restore saja. Nah, di Google Play Store telah tersedia aplikasi Android gratis yang mempunyai fitur backup aplikasi dan juga kemampuan untuk melakukan restore aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut adalah App Backup & Restore.
appbackup-setting
Setelah aplikasi Android App Backup & Restore terinstall di ponsel / tablet Android Anda, jalankan aplikasi tersebut. Pertama Anda lakukan setting, menentukan lokasi folder untuk menyimpan hasil backup. Tentu saha Anda harus memilih untuk menyimpan hasil backup di memory eksternal, sehingga saat ponsel Anda di root atau di upgrade, aplikasi yang di backup tidak ikut terhapus.
appbackup-backup
Untuk melakukan backup aplikasi Android, pilih tab Installed. Disini terdapat list aplikasi apa saja yang terinstall di perangkat Android Anda. Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin Anda backup dengan melakukan sekali tap pada aplikasi pilihan tersebut. Anda juga bisa memilih untuk melakukan backup seluruh aplikasi yang telah terinstall di perangkat Android Anda.
Untuk melakukan backup, cukup tap tombol di bawah “Backup Selected Apps”. Aplikasi yang berhasil di backup akan tersimpan dalam Archived yang folder penyimpanannya telah Anda tentukan sebelumnya. Untuk melakukan restore aplikasi Android, pilih tab Archived, kemudian tap pada tombol “Restore Selected Apps”.
appbackup-restore
Sebagai catatan khusus, aplikasi Android App Backup & Restore ini tidak bisa melakukan backup aplikasi yang terproteksi di ponsel atau tablet Android Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar